RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Hukum Dasar Kimia dan Konsep Mol
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : Kelas X / Semester I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kima (stoikiometri).
II. Kompetensi Dasar : Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapka konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.
III. Indikator
A. Kognitif
1. Produk
a. Mendeskripsikan bunyi hukum Dalton ( Hukum Perbandingan Berganda), hukum Gay-Lussac, dan hukum Avogadro
b. Menerapkan hukum Dalton ( Hukum Perbandingan Berganda), hukum Gay-Lussac, dan hukum Avogadro dalam menyelesaikan soal.
c. Mengaplikasikan prinsip hukum Dalton ( Hukum Perbandingan Berganda), hukum Gay-Lussac, dan hukum Avogadro
2. Proses
a. Melakukan diskusi kelompok untuk membuktikan hukum Dalton ( Hukum Perbandingan Berganda), hukum Gay-Lussac, dan hukum Avogadro )
B. Psikomotor
1. Mengukur volum zat menggunakan gelas ukur.
2. Menimbang Massa zat sebelum dan sesudah reaksi.(menggunakan alat dan bahan sessungguhnya)
C. Afektif
1. Karakter
a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.
IV. Tujuan Pembelajaran:
A. Kognitif
1. Produk:
a. Secara mandiri siswa dapat mendeskripsikan bunyi hukum Dalton ( Hukum Perbandingan Berganda), hukum Gay-Lussac, dan hukum Avogadro dengan mengerjakan soal LP. Produk sesuai dengan kunci jawaban
b. Secara mandiri, siswa dapat menerapkan hukum Dalton ( Hukum Perbandingan Berganda).
c. Disajikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan hukum, siswa dapat mengaplikasikan prinsip hukum Dalton ( Hukum Perbandingan Berganda).
2. Proses
a. Diberikan alat dan bahan dan LKS SMA siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki berlakunya hukum kekekalan massa sesuai kunci LP 2: Proses (merumuskan hipotesis, variabel manipulasi, variabel respon, variabel kontrol, melaksanakan eksperimen, mengisi tabel pengamatan, analisis, kesimpulan) (catatan: praktikum dengan alat dan bahan sesungguhnya)
b. Diberikan LKS SMA siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang ada melalui diskusi kelompok sesuai kunci LP.
B. Psikomotor
1. Disediakan alat, bahan, dan LKS SMA , siswa dapat mengukur volum zat sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.pada LP 3: Psikomotor
2. Disediakan alat untuk menimbang, siswa dapat menimbang massa zat sebelum dan sesudah sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor
C. Afektif
1. Karakter : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab,hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
V. Materi Ajar
Hukum-hukum dasar kimia : Hukum Lavoiser ( Hukum Kekekalan Massa ) dan hukum Proust ( Hukum Perbandingan tetap ) Hukum Dalton ( Hukum Perbandingan Berganda), hukum Gay-Lussac, dan hukum Avogadro
Vl. Model dan Metode Pembelajaran:
Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Kooperatif dan Eksperimen
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi dan pemberian tugas
VIl. Bahan
Larutan Kl 0,5 M - 5 mL
Larutan Pb(CH3COO)2 0,5 M - 5 mL
Larutan CuSO4 0,5 M - 5 mL
Serbuk pualam ( CaCO3 ) - 5 gram
Larutan HCI 1 M - 20 mL
VII. Alat
Gelas ukur 10 mL - 2 buah
Tabung bentuk Y terbalik - 2 buah
Gelas kimia 100 mL - 2 buah
Gelas kimia 500 mL - 1 buah
Neraca / timbangan - 1 buah
Pipet tetes - 2 buah
VIII. Proses Belajar Mengajar
- Pertemuan pertama (2 x 45 menit)
A. Pendahuluan ( 5 menit )
Kegiatan | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Memotivasi siswa dengan menanyakan apakah ada hubungan antara hukum Lavoiser dan hukum Proust dengan hukum Dalton. (Fase 1 MPK) 2. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, keterampilan sosial, dan karakter. (Fase 1 MPK) | | | | |
B. Inti (80 menit)
Kegiatan | Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
Penggalan 1 1. Mendiskusikan tentang hukum Dalton ( Hukum Perbandingan Berganda), hukum Gay-Lussac, dan hukum Avogadro ) 2..Menyajikan informasi berupa rumusan masalah tentang hukum Dalton ( Hukum Perbandingan Berganda), hukum Gay-Lussac, dan hukum Avogadro dalam LKS SMA . (Fase 2 MPK) Penggalan 2 1. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan membagikan LKS SMA untuk setiap kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa. (Fase 3 MPK) 2. Membimbing siswa merumuskan hipotesis atas rumusan masalah yang telah diberikan tersebut dengan cara meminta siswa jujur mengatakan bila belum dapat merumuskan hipotesis. (Fase 4 MPK) 3. Membimbing siswa dengan cara menunjuk siswa untuk menyumbang ide dan meminta siswa lain menjadi pendengar yang baik saat temannya menyampaikan idenya. (Fase 4 MPK) Penggalan 3 4. Membimbing kelompok melaksanakan diskusi 5. Meminta masing-masing siswa dalam setiap kelompok agar bertanggung jawab atas terselesaikannya tugas itu. (Fase 4 MPK). 6. Melakukan evaluasi formatif dengan asesmen kinerja psikomotor dengan cara meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi dan menjawab secara aktif pertanyaan dari teman-temannya.. (Fase 5 MPK) Penggalan 4 7. Membimbing kelompok penyaji untuk sama-sama saling membantu dalam menjawab pertanyaan dari teman-temannya. . Bila ada siswa yang menunjukkan karakter tidak bertanggung jawab segera diingatkan. (Fase 4 MPK) 8. Membimbing siswa mengajukan pertanyaan pada kelompok penyaji. Tekankan perlunya jujur dalam memberikan pertanyaan dan jangan menguji temannya dengan pertanyaan yang penanya sendiri sudah tahu jawabannya.(Fase 4 MPK). 9. Satu-dua kelompok diminta mengkomunikasikan pekerjaannya kepada kelas untuk memberi kemudahan guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik . (Fase 5 MPK) Penggalan 5 12. Membimbing kelompok melakukan analisis dengan mengacu pada LKS SMA . Ditekankan perlunya mendengarkan ide teman dalam tugas analisis ini. (Fase 4 MPK). 13. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan kelompok lain menjadi pendengar yang baik agar dapat menanggapi saat diminta guru. (Fase 5 MPK) 14. Membimbing kelompok berkomunikasi untuk menyampaian pendapat dalam menarik kesimpulan dengan mengacu pada LKS SMA . (Fase 4 MPK) 15. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. (Fase 5 MPK) Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. (Fase 6 MPK) | | | | |
C. Penutup ( 5 menit)
Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan memberi PR LKS SMA. | | | | |
X. Sumber Pembelajaran
1. LKS SMA Hukum Dalton
2. Kunci LKS SMA Hukum Dalton
3. LP 1: Produk dilengkapi Kunci LP 1
4. LP 2: Proses
5. LP 3: Psikomotor
6. LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter
7. LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial
8. Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
9. Silabus
Daftar Pustaka
Purba, Michael.2009.Kimia SMA jilid 1A.Jakarta : Erlangga
0 komentar:
Posting Komentar